Pengukuhan Pengurus Pusat PDGMI Masa Bakti 2021 – 2024

 Pelantikan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dengan masa bakti 2021-2024 digelar secara daring pada hari Jumat (23/4/2021).

(Ketua PP PDGMI Periode 2021-2024 Dr.dr.Elvina Karyadi.,MSc.,SpGK)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus PP PDGMI. Dewan Pakar PP PDGMI periode 2021-2024 yaitu Prof. Dr. Fadil Oenzil, PhD.,SpGK; Prof. Dr.dr. Ratna Djuwita, MPH; Prof Dr. Nur Indrawaty Lipoeto, M.Med.Sci.,PhD,SpGK (K); Prof. Dr.dr. Dina Keumala Sari, M.Gizi.,SpGK; Prof. Dr. Badriul Hegar, PhD.,SpA (K); Pro.Dr. dr. Hartono Gunadi, SpA (K); Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH.,MMB; Prof. Dr. Budi Wiweko, SpOG (K); Prof. Dr. Siti Fatimah Muis, MSc.,SpGK (K); Prof. Dr.dr. Sri Karjati, MSc; Prof. Dr.Nova H. Kapantow, MSc.,SpGK; Dr.dr. Nelly Mayulu,MSi; Dr. dr Yustina Anie Indriastuti, MSc.,SpGK; Prof. Dr.dr. Laurentia K. Miharja, MS.,SpGK; dan Prof. Dr.dr. I Wayan Weta, MS.,SpGK.

Pembacaan naskah pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum PB IDI yang juga Dewan Penasihat PP PDGMI 2021-2024 Dr. Daeng M. Fakih, SH.,MH, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan janji pengurus. Pengurus PP PDGMI 2021-2024 terdiri dari Dewan Pengurus dan 5 bidang organisasi, yaitu Bidang Kajian, Penelitian dan Kegiatan Ilmiah; Bidang Pengembangan Organisasi dan Advokasi; Bidang Komunikasi dan Edukasi; Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri serta Bidang Pengabdian Masyarakat.

Ketua PP PDGMI periode 2021-2024 Dr.dr. Elvina Karyadi, Msc.,SpGK., dalam sambutannya mengatakan, masalah gizi seperti stunting, kelaparan tersembunyi akibat kekurangan zat gizi mikro (hidden hunger), NCD (non communicable disease) sebagai “triple burden malnutrition”, ketahanan pangan, serta bagaimana diet seimbang yang dapat menjaga daya tahan imun kita dalam masa pandemi menjadikan fokus yang dapat didukung oleh PDGMI sebagai organisasi profesi di Bidang Gizi Masyarakat.

“Kepengurusan PP PDGMI ini tentunya akan mengembangkan perannya dalam bidang ilmiah/kajian dan kegiatan ilmiah, dimana prinsip “evidence based” atau kajian berbasis ilmiah akan terus ditegakkan dengan terus berinovasi di bidang penelitian,” ujarnya.

Lanjut Elvina, kepengurusan PP PDGMI periode 2021-2024 ini akan terus mengembangkan organisasi dan kegiatan advokasi di bidang gizi masyarakat, sehingga dapat lebih berperan untuk memberikan masukan-masukan dalam kebijakan terkait masalah gizi yang sedang marak di masyarakat.

Dia berharap nantinya dapat membuka lebih banyak lagi cabang di provinsi lain, jadi cakupan organisasinya bisa lebih meluas. Serta dapat meneruskan kepengurusan periode sebelumnya di bidang pengabdian masyarakat, komunikasi dan edukasi di masyarakat, misalnya dalam pelatihan atau edukasi kepada tenaga-tenaga kesehatan (nakes) serta kelompok lainnya.

Pengurus dan Dewan Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PP-PDGMI)  2021-2024 :
– Ketua Umum Dr.dr.Elvina Karyadi.,MSc.,SpGK,
– Wakil Ketua Dr.Rina Agustina.,MSc.,PhD,
– Sekretaris Dr.dr. Yenni Suhairini.,M.Gizi.,SpGK,
– Wakil Sekretaris  Dr. Verawati.,M.Gizi,SpGK,
– Bendahara Dr. Lany Dewi Wijono.,M.Gizi.,SpGK,
– Ketua Bidang Kajian, Penelitian dan Kegiatan Ilmiah Dr. Erfi Prafiantini.,M.Kes,
– Bidang Komunikasi dan Edukasi Dr.dr. Aria Kekalih.,MSc.,MTI,
– Bidang Pengembangan Organisasi dan Advokasi Dr. Tirta Prawita Sari.,MSc.,SpGK,
– Bidang Pengabdian Masyarakat  Dr. Dian Kusumadewi.,M.Gizi 
– Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Dr.dr. Lucy Widasari.,MSi

“PP PDGMI akan terus berkolaborasi dan bekerjasama dengan organisasi atau institusi lain, termasuk saat ini sudah secara aktif di dalam SUN task group. Rencananya ke depan PDGMI dapat mengembangkan kerjasama baik di dalam atau di luar negeri dalam bentuk penelitian, kerjasama kegiatan maupun pengabdian masyarakat,” pungkasnya. (cdr)

Untuk menunjangkan praktisi kesehatan, kini telah hadir rumah desain 2 lantai di Jogja yang strategis untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Dengan diskon pembelian hingga Rp80 juta dan tenor 20 tahun, semakin mudah untuk dimiliki.

1 thought on “Pengukuhan Pengurus Pusat PDGMI Masa Bakti 2021 – 2024”

Leave a Comment